Monday, July 31, 2017

Aplikasi iPhone Selamatkan Nyawa Pendaki Tersesat


Seorang pendaki yang hilang selamat berkat sebuah aplikasi iPhone, Find My Friends.

Mengutip laman Daily Mail, Senin (31/7/2017), seorang pria muda mengunjungi Lake District untuk mencari sebuah gua bernama Priest's Hole yang letaknya di sisi gunung.

Namun pemuda itu gagal menemukannya. Karena kabut pekat, si pemuda justru terjatuh hingga kedalaman 60 kaki. Ia pun menderita luka cukup parah. Capsa Susun Online

Kemudian ia mencoba menghubungi kontak bantuan, tetapi tim penyelamat tak bisa langsung bergerak karena tidak mengetahui lokasi pasti korban.

Tim penyelamat pun menggunakan aplikasi iPhone Find My Friends untuk menemukan pemuda malang tersebut. Find My Friends memanfaatkan teknologi GPS untuk menandai keberadaan smartphone milik korban.

Tim penyelamat juga bersyukur lantaran aplikasi tersebut begitu berguna. Mereka menganggap si pendaki itu sangat beruntung karena selamat berkat bantuan aplikasi Find My Friends.

Ketua regu penyelamat Mike Blakey mengatakan, timnya mendapat kabar pada Senin 24 Juli 2017. Blakey mengatakan, timnya sempat mendapat kabar dari kepolisian Cumbria mengenai lokasi pemuda yang tak diketahui namanya, tetapi ternyata lokasinya tak akurat. Mereka pun kembali mencari lokasi pasti tempat korban terjatuh.

"Kami benar-benar tidak tahu ia di mana. Ia telah menghabiskan waktu semalam di gunung karena gagal menemukan Priest Hole," kata Blakey.

Blakey mengatakan, beruntungnya iPhone korban mendapat sinyal dan bisa dicari menggunakan aplikasi. Ia langsung menghubungi timnya untuk melakukan pencarian. Bandar Sakong Online

Di tengah upaya penyelamatan, si pendaki malah mengunggah kondisinya ke Facebook. Gara-gara itu, baterainya habis dan tim penyelamat pun kembali kehilangan kontak.

"Hal itu sangat tidak membantu dan mengganggu semua pihak dalam upaya penyelamatan yang rumit ini," ujar Blakey.

Penyelamatan pun berlanjut dan membuahkan hasil. Si pendaki berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke rumah sakit terdekat.


No comments:
Write comments