Otot Buatan Untuk Robot Akan Dibuat Dari Sutra Laba-Laba !!



Para ilmuwan telah menemukan sebuah cara yang mungkin dapat dilakukan untuk menggunakan sutra laba-laba dalam upaya membuat otot dan aktuator bagi robot. Sutra laba-laba telah lama terkenal karena kekuatannya yang luar biasa dan saat ini, menurut sebuah makalah baru oleh Profesor MIT, Markus Buehler dan rekannya, sutra ini juga memiliki properti yang sebelumnya belum ditemukan yang dapat menjadikannya sebagai bahan yang ideal untuk konstruksi otot buatan.

Menurut penelitian, sutra laba-laba bereaksi sangat kuat terhadap perubahan kelembaban, yang berarti bahwa di atas tingkat kelembaban tertentu ia akan mulai berkontraksi dan memuntir, mengerahkan kekuatan yang signifikan.

"Awalnya kami menemukan ini secara tidak sengaja," kata rekan penulis studi Dabiao Liu. "Rekan-rekan saya dan saya ingin mempelajari pengaruh kelembaban pada sutra laba-laba."

Eksperimen tersebut dilakukan dengan cara menggantung pemberat (pendulum) menggunakan sutra laba-laba di dalam ruangan dengan kontrol kelembaban.



"Ketika kami meningkatkan kelembaban, pendulum mulai berputar," kata Liu. "Itu di luar dugaan kami. Itu benar-benar mengejutkan saya."

Beberapa bahan berbeda diuji, tetapi tidak ada yang menunjukkan sifat yang sama seperti sutra laba-laba.

"Ini bisa sangat menarik bagi komunitas robotika," kata Buehler.

"Ini sangat tepat dalam upaya bagaimana Anda dapat mengontrol gerakan ini dengan mengendalikan kelembaban."

Apakah suatu saat robot-robot akan menggunakan sutra laba-laba ini sebagai otot mereka? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.