Tips Antisipasi Curanmor di Musim Liburan

Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya
Tak bisa dipungkiri bahwa pencurian kendaraan kendaraan bermotor (Curanmor) meningkat jika liburan tiba, contohnya seperti liburan akhir tahun seperti saat ini. Pasalnya, saat liburan banyak rumah ditinggal oleh pemiliknya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kejadian seperti ini. Misalnya, jika kendaraan disimpan di rumah, maka buat seakan-akan di rumah ada yang meninggali. Misalnya, simpan alas kaki di depan pintu.

Selain itu, ada baiknya pula jika rumah dititipkan oleh tetangga yang tidak pergi. Minta tolong ke mereka agar matikan lampu saat siang tiba, dan nyalakan saat malam menjelang. Sama dengan sebelumnya, ini untuk mengesankan di dalam rumah ada orang.

Nah, kendaraannya sendiri juga harus dipersiapkan juga untuk ditinggal lama. Melalui akun Facebook-nya, Divisi Humas Polri memberikan tips bagaimana caranya agar kendaraan tak mudah digondol maling. Apa saja itu?

1. Parkir di tempat aman

Jangan parkir di tempat yang sepi, atau parkir yang tidak ada petugas parkirnya. Atau, parkir didalam rumah atau tempat yang dapat dipantau orang lain.

2. Jangan tinggalkan kunci dan surat penting di motor

Beberapa pengendara masih suka meninggalkan surat kendaraan yang berharga seperti SIM dan STNK di jok. Kuncinya pun menempel di stop kontak. Hal ini sama sekali tidak dianjurkan karena akan kendaraan akan sangat mudah dicuri.

3. Simpan fotocopy STNK dan BPKB di tempat aman

Hal ini berguna jika seandainya kendaraan hilang. Akan lebih mudah dalam pembuatan duplikat surat-surat baru, atau sebagai barang bukti.

4. Tambah kunci ganda

Gunakan kunci ganda, serta pakai kunci rahasia. Agar keamanan lebih baik, beli juga gembok khusus rem cakram ban depan (pada motor).

5. Tutup kunci magnet

Tutup kunci magnet saat motor diparkir. Ini berguna untuk meningkatkan keamanan kendaraan, atau minimal mempersempit kesempata pelaku untuk membuka stop kontak.

6. Lapor

Tips terakhir adalah laporkan segera kepada petugas kepolisian terdekat jika kedapatan kendaraan hilang.

Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya

Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya

Sumber : http://otomotif.liputan6.com/read/2692559/tips-antisipasi-curanmor-di-musim-liburan