5 Trik Google Play Store yang Perlu Kamu Tahu


Google Play Store tak dimungkiri telah menjadi inti dari sistem operasi Android. Melalui toko aplikasi ini, pengguna Android dapat memperoleh aplikasi yang dibutuhkannya, baik gratis maupun berbayar.

Namun, tahukah kamu sebenarnya ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaanPlay Store? Untuk itu, berikut ini ada lima trik mudah seputar Google Play Store seperti dikutip dari laman Android Pit, Senin (27/2/2017)

1. Memasang aplikasi di luar wilayah

Pernah mengalami kendala saat mengunduh aplikasi ternyata hanya tersedia di wilayah tertentu? Sebenarnya, kamu tetap dapat mengunduh dan memasang aplikasi tersebut tetapi dengan sedikit usaha tentunya.

Cara paling mudah adalah memanfaatkan layanan Virtual Private Network (VPN). Pada dasarnya, VPN adalah layanan yang membuat kamu seolah-olah mengakses internet dari lokasi atau negara lain.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan layanan ini untuk 'menyembunyikan' posisi kamu sebenarnya. Namun perlu diingat, agar mengunduh layanan VPN yang terpercaya.

2. Mengatur aplikasi di Play Store

Kolom 'My Apps & Games' di Play Store diketahui oleh hampir semua pengguna Android. Lewat kolom ini, kamu bisa mengetahui daftar aplikasi yang telah ataupun telah terpasang di perangkat.

Tak hanya itu, lewat kolom ini kamu dapat melakukan update aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Android lebih mudah. Cukup buka kolom My Apps & Games, kamu dapat melihat seluruh daftar aplikasi yang terpasang dan menawarkan pembaruan sistem.

Kamu bisa memilih Update All yang biasanya tersedia di bagian atas kanan untuk memperbarui aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga dapat memilih aplikasi yang sedang terpasang dan ingin menghapusnya.

3. Atur Parental Lock di Google Play Store

Jumlah aplikasi yang mencapai jutaan sangat sulit 'dilacak' apakah aplikasi tersebut ramah anak. Bagi kamu yang cukup memerhatikan persoalan tersebut, ada cara mudah untuk mengontrol fitur Parental Lock di Google Play Store.

Dengan demikian, adik atau keponakan yang sedang meminjam perangkatmu dapat terhindar dari mengunduh aplikasi yang belum pantas. Untuk melakukannya, kamu cukup buka opsi Settings di Play Store.

Setelah itu buka dan aktifkan fitur Parental Control. Namun sebelum mengaktifkannya, kamu perlu memasukkan PIN terlebih dulu. Jadi, saat fitur ini aktif pengguna diharuskan untuk memasukkan PIN sebelum mengunduh aplikasi yang memang tak ditujukan untuk anak-anak.

4. Melakukan refund di Google Play Store

Sistem pembayaran di Play Store kini kian mudah, kamu dapat memanfaatkan beberapa kanal pembayaran untuk mendapatkan aplikasi yang diinginkan. Namun tak jarang, aplikasi yang dibeli tak sesuai harapan.

Google pun sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menghadirkan sistem pengembalian uang (refund). Kendati demikian, fitur pengembalian ini hanya dapat dilakukan maksimal dua jam setelah pembelian.

Apabila kamu ingin meminta dana kembali, kamu cukup membuka aplikasi yang dimaksud langsung dari Play Store. Opsi Refund biasanya tersedia di bagian kiri dan kamu cukup mengetuknya untuk mendapatkan uang kembali.

5. Intip kolom 'Indie Corner'

Seringkali bosan dengan gim yang ditawarkan pengembang besar? Bagi kamu yang merasakan hal itu, tak ada salahnya untuk melihat-lihat kolom Indie Corner yang tersedia di Play Store.

Apabila kesulitan untuk menemukannnya, kamu cukup mengetik 'Indie Corner' pada laman pencarian Google di perangkat. Hasil pencarian pertama yang muncul biasanya 'Discover Indie Corner' dari Google Play.

Setelah itu, buka tautan tersebut dan kamu akan diarahkan ke Play Store untuk melihat daftar gim indie yang siap diunduh. Perlu diingat, daftar gim indie ini biasanya akan diperbarui setiap bulan.

Sumber http://tekno.liputan6.com/read/2868355/5-trik-google-play-store-yang-perlu-kamu-tahu