Begini Cara Transfer Data dari Android ke PC Tanpa Kabel


Bayangkan jika kamu bisa mentransfer data dari PC ke smartphone atau tablet Android tanpa harus menggunakan kabel. Tampaknya hal tersebut hanya sebatas mimpi saja bukan?

Tentu tidak. Berbekal sebuah aplikasi dan koneksi WiFi, kamu bisa memindahkan data multimedia hingga men-deploy APK dengan mudah.

Dari sekian banyak aplikasi transfer data yang ada di Google Play Store, AirDroid tampil sebagai juaranya. Beragam fitur ditawarkan oleh Sand Studio selaku pengembang aplikasi.

Semudah apa sih menggunakan AirDroid? Berikut Tekno Liputan6.com sajikan cara mentransfer data dari PC ke smartphone, begitu juga sebaliknya. Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi AirDroid di Google Play Store.

1. Terhubung WiFi

Buka aplikasi AirDroid di perangkat Android kamu. Sebelumnya, pastikan perangkat Android yang digunakan sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang sama dengan laptop kamu.

2. Ketik Alamat IP

Setelah dibuka, informasi alamat IP PC kamu akan muncul. Ketikkan alamat IP tersebut di browser PC, dan keduanya pun akan langsung terhubung ke server AirDroid.

3. Tampilan

Jika benar, browser kamu akan menampilkan gambar seperti di bawah ini. Di situ, kamu bisa mengakses segala fitur yang ada di perangkat Android mulai dari foto hingga sampai dengan kamera.

4. Temukan Toolbox

Di sisi kanan, kamu akan menemukan sebuah toolbox yang dapat digunakan untuk men-deploy APK hingga meng-upload file dari PC ke perangkat mobile.

5. Download
Untuk mentransfer data dari perangkat mobile ke PC, kamu hanya perlu mengklik ikon yang bertuliskan "Files", dan klik kanan di file mana yang ingin kamu unduh dilanjutkan dengan mengklik tombol "Download".

Cukup mudah bukan? Terlepas dari fungsi transfer data dari PC ke perangkat mobile atau sebaliknya, AirDroid juga menampilkan beberapa fitur yang menarik seperti kirim SMS dari PC, memainkan musik/video yang tersimpan di perangkat mobile, melihat foto, dan masih banyak lagi.