Monday, April 24, 2017

Tips Selamatkan Data di Smartphone dengan Layar Rusak


Semua pengguna smartphone pasti tak menginginkan perangkatnya rusak. Namun terkadang kerusakan itu dapat terjadi tanpa diduga.

Salah satu kerusakan yang cukup membuat pusing adalah ketika layar smartphone sampai tak bisa lagi digunakan, sebab hampir dapat dipastikan akan sangat sulit mengoperasikannya termasuk memindahkan data di dalamnya. BandarQ

Untuk itu, mengutip informasi dari Android Pit, Sabtu (22/4/2017), berikut tiga cara untuk memindahkan data di smartphone dengan layar bermasalah ke perangkat lain, seperti komputer.

1. Mendapatkan data saat layar rusak

Apabila layar smartphone-mu pecah tapi masih menyala, kamu dapat memanfaatkan USB OTG untuk memindahkan data. Cara ini akan sangat membantu terutama saat kamu menggunakan PIN, password, atau pola untuk mengunci smartphone.

Caranya, kamu cukup menghubungkan mouse ke smartphone melalui USB OTG menggunakan konektor. Setelah berhasil terhubung, kamu dapat memanfaatkan mouse untuk membuka kunci smartphone.

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan smartphone ke komputer atau PC untuk memindahkan data. Kamu juga bisa memanfaatkan card reader di komputer untuk memindahkan data lain yang mungkin masih tersimpan di microSD.

2. Memindahkan data saat layar mati

Kondisi lain yang mungkin terjadi adalah layar smartphone mati total dan tak dapat digunakan. Untuk memindahkan data dari perangkat, diperlukan program VNC (Virtual Network Computing) untuk mengakses smartphone dari komputer.

Namun sebelumnya, pastikan aplikasi yang sama sudah terpasang diperangkat dan di komputer kamu. Untuk informasi, sebenarnya adalah sejumlah aplikasi yang tersedia di Play Store untuk memungkinkan cara ini dilakukan. Domino 99

3. Hubungi layanan purna jual

Apabila seluruh cara tersebut tak berhasil, solusi lain yang dapat dilakukan adalah menghubungi layanan purna jual. Melalui layanan purna jual resmi, kemungkinan kamu masih mendapatkan data secara lebih utuh di perangkat yang rusak berat.

Kendati demikian, perlu diingat dengan solusi terakhir ini tentu dibutuhkan biaya untuk melakukannya. Namun dalam beberapa kondisi, kamu masih bisa meminta bantuan layanan purna jual dengan memanfaatkan garansi yang masih berlaku.


No comments:
Write comments