Hati-hati! Badai Matahari Bisa Ganggu GPS

Hati-hati! Badai Matahari Bisa Ganggu GPS

JAKARTA - Kekuatan destruktif dari matahari mampu melepaskan jutaan bom megaton hidrogen. Baru-baru ini, matahari tengah bergejolak dan menciptakan fenomena badai matahari. Efek buruknya mungkin tak sampai menghancurkan Bumi itu sendiri, namun cukup menganggu jaringan komunikasi.

Menurut data, badai matahari ini baru saja terjadi tanggal 25 Juni 2015 lalu jilatan api matahari dengan beragam variasi serta intens dalam kecerahan matahari yang terjadi dengan cepat dan tiba-tiba.

Badai matahari terjadi ketika energi magnetik terbentuk di atmosfer matahari dan kemudian akan dirilis sekaligus. Hal ini menyebabkan ledakan besar radiasi dari hampir semua varietas, dari gelombang radio hingga untuk sinar gamma.

Dikutip dari Tech Times, Senin (29/6) ketika jenis radiasi menghantam atmosfer bumi, maka akan memicu reaksi kimia yang mengubah sifat reflektif di sisi menghadap matahari dari planet ini.

Hal ini penting karena kita bergantung pada bagian-bagian tertentu dari atmosfer untuk  gelombang radio yang kita gunakan untuk komunikasi jarak jauh, termasuk yang digunakan untuk GPS.

Jika suar matahari cukup kuat, itu bisa mengubah sifat dari beberapa molekul di atmosfer sehingga mereka menyerap gelombang radio. Jadi, setiap gelombang radio yang terjebak dalam 'baku tembak' ini akan menghilang.

Akan tetapi memang, tak lantas akan membuat GPS lumpuh. Namun, setidaknya jalur badai matahari beberapa hari lalu sangat mungkin membuat perangkat itu mengalami gangguan.

Bandar Q Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya