Microsoft Tenggelamkan Pusat Data ke Dasar Laut Skotlandia


REDMOND - Microsoft tenggelamkan pusat data di laut Skotlandia. Perusahaan Software raksasa itu sedang dalam sebuah eksperimen penelitian yang dinamakan Natick. Microsoft akan mengamati apakah dengan cara itu bisa menghemat energi dengan mendinginkannya di dasar laut.

Pusat data memang terkenal mengahasilkan banyak panas. Para penyedia layanan berkapastias besar biasanya memindahkan pusat datanya ke wilayah yang bersuhu udara dingin untuk menghemat tenaga listrik,

"Kami telah menghabiskan sejumlah besar energi dan waktu di cloud dan jelas uang," Dave Cutler Senior Senior Technical Fellow  Microsoft menjelaskan kepada Techcrunch.

"Jadi kami selalu mencari cara baru agar kami dapat berinovasi. Ide semacam ini awalnya berasal dari salah satu karyawan kami yang bekerja di kapal selam Angkatan Laut AS dan mengetahui sesuatu tentang teknologi ini, dan ini mungkin dapat diterapkan ke pusat data" tambah Cutler.

Pada percobaan kedua ini, tim tersebut menenggelamkan sebuah tangki seukuran kontainer pengiriman dengan banyak rak server di lepas pantai pulau Orkney.

Terdiri dari 12 rak dengan 846 server dan penyimpanan berkapasitas 27,6 petabytes yang akan tetap di sana selama beberapa tahun untuk melihat apakah ini adalah cara yang baik untuk menyebarkan pusat data di masa depan dan tentu saja untuk menguragi perawatan hawa panas dari pusat data itu sendiri.

Bandar Q Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya