Daftar 5 Penguasa Pasar Smartphone Global, Saat Ini !!

Foto: dok. SamsungFoto: dok. Samsung


 Lembaga riset pasar Counterpoint baru saja merilis data pengapalan ponsel sepanjang kuartal pertama 2019. Lantas, siapa lima penguasa pasar smartphone global saat ini?

Counterpoint mencatat pengiriman smartphone global pada tiga semester pertama mencapai 341 juta unit. Angka tersebut menurun 6% dari periode yang sama dari tahun sebelumnya. Dan, ini jadi kuartal keenam penurunan pasar ponsel pintar.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa Samsung masih memimpin pasar smartphone berdasarkan volume, walau nyatanya menurun 8% dari tahun ke tahun (YoY). Keberhasilan seri S10 dan restrukturisasi portofolio memberikan momentum yang baik bagi Samsung di kuartal mendatang.

Meski menduduki peringkat kedua dengan penguasaan pasar 12%, pengiriman iPhone sejatinya menurun drastis, mencapai 20% dari tahun sebelumnya. Tingginya harga dan perang dagang China dan Amerika Serikat (AS) memberikan dampak pada pengapalan Apple.

5 Penguasa Pasar Smartphone GlobalFoto: Counterpoint


Selanjutnya, Huawei berada di peringkat ketiga dengan market share 12%. Sementara itu, Xiaomi dan Oppo berada di posisi keempat serta lima dengan pangsa pasar 8%.


Bicara soal Oppo, meski di global berada di urutan lima, vendor asal China ini menguasai pasar di Asia. Pangsa pasarnya 14%. Posisi Oppo dipepet Xiaomi dengan market share 14%.

Vivo berada di urutan ketiga, diikuti Huawei dan Samsung. Kendati Samsung terseok di Asia, mereka berjaya di pasar Eropa, Amerika Latin serta Middle East Africa. (agt/rns)