Wednesday, January 11, 2017

Tren Immobilizer di Sepeda Motor

Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya
Salah satu sistem keamanan kendaraan yang cukup berteknologi tinggi adalah immobilizer. Berbeda dengan perangkat lain, immobilizer mengadopsi teknologi elektronika dalam mekanisme kerjanya.

Secara sederhana, immobilizer adalah perangkat keamanan elektronik yang mencegah mesin hidup kecuali menggunakan kunci yang benar, atau perangkat lain yang telah diatur sejak awal. Dengan begitu, teknologi ini bisa mencegah kendaraan dicuri.

Jika lebih canggih, immobilizer bahkan tak hanya membuat mesin tetap mati, tapi juga mengirimkan data ke perusahaan keamanan bahwa kendaraan sedang dibuka paksa.

Immobilizer sendiri awalnya ditemukan oleh St. George Evans dan Edward Birkenbuel. Mereka mematenkan teknologi ini 1919.

Pada 2016, Economic Journal merilis riset yang menyebutkan bahwa immobilizer menurunkan tingkat pencurian mobil sekira 40 persen, antara 1995 hingga 2008. Dihitung dari biaya, penggunakan immobilizer lebih hemat 300 persen.

Ditilik dari sejarahnya, teknologi ini pertama-tama dibuat untuk mobil. Di Jerman misalnya, sejak 1 Januari 1998 semua mobil baru harus dilengkapi teknologi ini. Begitu juga di Australia dan Kanada, masing-masing sejak 2001 dan 2007. Agen Bandarq Terbaik

Melihat manfaatnya, teknologi ini kemudian juga diaplikasikan pada sepeda motor. Adalah Honda, pabrikan roda dua pertama yang menggunakan perangkat ini pada produk-produknya. Mereka mulai melakukan ini sejak tahun 1990an.

Penggunaan perangkat ini semakin mendunia. Tak terkecuali di Indonesia. Beberapa motor kini telah menggunakannya.

Tentu yang pertama-tama pakai adalah motor-motor high-end. Di antaranya adalah Honda CBR 1000RR. Ada pula motor yang relatif lebih murah namun telah tertanam perangkat ini. Merek-merek Vespa seperti Piaggio Liberty dan Vespa LX misalnya.

Tak hanya Vespa, Yamaha juga menyematkan teknologi ini pada matik-matiknya. Dengan nama Moto Finder Immobilizer (MFI), beberapa motor yang terdapat immobilizer adalah Mio M3 125 serta Mio GT 125. Paling baru adalah Yamaha Aerox 155, yang diperkenalkan di Indonesia Motorcycle Show (IMOS), Oktober tahun lalu.


Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya

Sumber : http://otomotif.liputan6.com/read/2823186/tren-immobilizer-di-sepeda-motor

No comments:
Write comments